Saturday, November 15, 2008

TIRAMISU TORTE


tiramisu tap ga pake mascarpone...pake cream cheese...ternyata uenakkk dan rasanya beda ama tiramisu biasa, rasa kop dipadu cream cheese....mantafff
Tirami-su Torte
Source : Majalah Santap no. 02/ 2003

Bahan :

Sirup kopi :
125 ml kopi (dari 1 sdm kopi bubuk instant)
2 sdt gula pasir
4 sdm liqueur kopi/brandy/rum

Adonan keju krim :
4 sdt gelatin bubuk
4 sdt air hangat
2 sdt kopi bubuk instant
40 ml liqueuer kopi/brandy/rum
500 ml krim kental
500 gr keju krim
100 gr gula bubuk

Cake :
1 sponge cake (tinggi 5 cm, garis tengan 20 cm)
2 sdt coklat bubuk
20 ladyfingers(ga pake)
80 gr serpihan almond, sangrai, jika suka (ga pake)

Cara :

- Sirup kopi : campur kopi dengan gula dan liqueuer kopi/brandy/rum, sisihkan.
- Adonan keju krim : campur gelatin dengan air, tim dalam panic berisi air panas sampai gelatin larut. Tambahkan kopi bubuk instant dan liqueuer kopi/brandy/rum, aduk rata. Sisihkan dulu.
- Taruh wadah berisi krim kocok dalam baskom berisi air es. Kocok krim dengan mixer berkecepatan sedang, sampai krim mengembang dan membentuk puncak-puncak runcing dan kaku. Sisihkan.
- Kocok krim keju dan gula bubuk (tidak perlu ganti pengocok) dengan mixer berkecepatan sedang sampai lembut. Masukkan krim kocok ke dalam keju krim dalam 3 tahapan, aduk balik dengan spatula.
- Setelah itu, masukkan kopi yang telah dicampur gelatin, aduk balik hingga rata. Ambil 1 ½ cup adonan keju krim, masukkan dalam kantung segitiga plastic. Simpan dulu di lemari es, pakai untuk menghias bagian atasnya.

- Menyusun : dengan pisau yang panjang, potong cake membujur menjadi 2 lapis. Taruh lapisan dasar cake di dasar loyang bongkar pasang. Memakai kuas, basahi permukaan cake dengan 1/3 bagian sirup kopi dan ayak 1 sdt coklat bubuk diatasnya. Ratakan ¼ bagian adonan keju krim di atasnya (jangan lupa mengisi sela-sela pinggiran cake).
- Atur ladyfingers diatas adonan keju krim. Basahi ladyfingers dengan 1/3 bagian sirup kopi. Ratakan ¼ bagian adonan keju krim diatasnya menutupi ladyfingers.
- Taruh lapisan cake diatas adonan keju. Basahi dengan sisa 1/3 bagian sirup kopi dan ayak 1 sdt coklat bubuk diatas permukaan cake. Lapisi bagian atas cake dan sela-sela pinggiran cake dengan adonan keju krim. (Pada tahapan ini cake bisa ditutup dengan plastic lengket dan disimpan dalam lemari es 2 jam –agar agak mengeras).

- Menghias : gunting ujung kantung segitiga (garis tengah lubang 1 ½ cm) berisi keju krim. Semprotkan diatas permukaan cake. Jika belum segera disajikan, tutup cake dengan plastic lengket, simpan dalam lemari es).

- Menyajikan : keluarkan cake dari loyang. Dengan spatula rapikan pinggir cake. Kalau perlu tambal bagian-bagian yang tidak rata dengan sisa adonan keju krim. Tempelkan almond pada sisi cake, jika suka. Ayak coklat bubuk ke atas permukaan cake.
Variasi : untuk penampilan lain, tempelkan ladyfingers pada sekeliling cake.

No comments: